Friday, September 4, 2009

Langsing itu bisa perpanjang usia loh....


Tampil langsing ternyata tidak hanya membuat penampilan menjadi menarik. Namun juga berpotensi memperpanjang usia 4-5 tahun dibandingkan kelompok orang yang memiliki kelebihan berat badan. Demikian disampaikan Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, dr Epistel Simatupang, Sabtu (29/8).

"Berdasarkan penelitian, tampil langsing itu akan menambah usia 4-5 tahun. Jadi, menjaga berat badan itu sangat penting," kata dr Epistel di sela-sela seminar Hidup Sehat dan Hepatitis, di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta.

dr Epistel memaparkan, sebenarnya usia manusia bisa mencapai 120 tahun asalkan ia menjalankan hidup sehat dalam keseharian. Misalnya berolahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari, serta mengonsumsi sayur dan makanan berserat. Dia menyebut, olahraga yang dilakukan secara teratur akan memperpanjang usia seseorang 3-4 tahun. Adapun konsumsi sayur akan menambah usia 5-6 tahun.

"Jadi kalau semuanya dilakukan, baik langsing, olahraga, maupun makan sayur akan menambah usia 10-12 tahun," ungkapnya.

Di samping itu, dia menambahkan, berdasarkan penelitian diketahui juga beberapa faktor yang terbukti memperpanjang usia seseorang, seperti mengonsumsi air minum yang cukup, terkena paparan sinar matahari minimal 15 menit sehari, mampu mengendalikan diri untuk tidak merokok ataupun minum-minuman beralkohol, menghirup udara yang segar, serta istirahat yang cukup 7-8 jam sehari। "Selain itu, percaya pada Kuasa Ilahi dan kebiasaan berkumpul dengan teman juga akan memicu hidup sehat dan tentram," pungkasnya.



created by : www.kompas.com

edited by : viRus


No comments:

Post a Comment